Saturday, December 29, 2007

KLEPON KABOCHA

Stelah ampir stengah taon baking blues, tiba2 hasrat ini kok ya muncul begitu sajah. Ya..maklum lah. Saya ikut2tan Akihiko yg lg alergi bbrp bahan makanan. Yg ga makan kue cuma satu tapi yg kena imbasnya bilqis sama papanya hahaha...kesiaaan bgt! Ini juga gara2 bilqis sih yg slalu protes dan nanya terus. Gini ktnya "kyou wa oyatsu wa nani? mama..tsukute dayo. bilqis oyatsu tabetai kara hmmmm..mama..mama jouzunaaa" (kira2 artinya gini: ma2 hari ini sneknya apaan? ma2 bikin dong.bilqis pingin, kan ma2 pinter) sambil pasang nyengir ngerayu ples memelas. hihihi sapa yg tahan kalo terus2 dia ngomong gituw. Meski bukan keki tp yg penting smua bisa maem, termasuk akihiko jg bisa ngicip2...aaaah senengnya bisa nyemil lagi hehe.
Kali ini pingin buat klepon tapi yg beda dari biasa buat.
Karna ga punya pasta pandan, cobain bikin yg pake campuran
tapi bebas pewarna..Hasilnya...
top markotop....mantafff!! ~_^

KLEPON KABOCHA
modified by ro-c

220 gram tepung ketan putih(1 bungkus)
200 gram kabocha/labu kuning, dikukus, dihaluskan
75 mL air hangat (ato secukupnya)
1/4 sdt garam
seujung sdt vanili bubuk
100 gram gula palem, disisir

Taburan (semua bahan dicampur, dikukus sampe matang, 20 menitan):
100 gram klapa kering, dikasih air sedikit sampe lemas
1/4 sdt garam
vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Didihkan air dalam panci.
  2. Tempatkan tepung ketan dalam baskom
  3. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampe tercampur rata.
  4. Masukkan kabocha halus, garam, dan vanili bubuk. Uleni sampe adonan kalis.
  5. Ambil sejumput, padatkan terus pipihkan. Isi tengah2nya dengan gula palem secukupnya. Terus tutup dengan pinggir adonan, bentuk bulat. Begitu sterusnya sampe adonan habis.
  6. Masukkan dalam air mendidih. Biarkan sampe mengapung.
  7. Tiriskan. Gulirkan ke dlam kelapa parut kukus.
    Siap disantap.

Tips :

  • Waktu ngisi gula palemnya jangan terlalu banyak, soalnya kalo kebanyakan malah adonan kulit bagian dalam terlalu basah sama gula, jadi mentah.
  • Waktu membentuk adonan, sebaiknya adonan yg udah jadi ditutup pake lab supaya ga kering, ato langsung masukkan ke air mendidih.
  • Lebih baik kalo digulirkan ke kelapanya waktu panas2 supaya kelapa bisa nempel sempurna *_*

Wednesday, December 26, 2007

Sunday, December 23, 2007

KERING TEMPE

Bahan :
400 gram tempe, potong tipis2 sesuei selera, goreng kering
2 lembar daun salam
1 buah serai, memarkan
2 cm laos, memarkan
2 sdm air asam kental
75 mL air
25 gram gula merah
1 sdm gula pasir

Bumbu dihaluskan :
1/6 bawang merah bombay
4 butir bawang putih

1/4 sdt garam


Cara Memasak:
  1. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, serai, daun salam, sampe wangi.
  2. Masukkan air, gula, air asem secara berurutan. Aduk rata.
    Biarkan sampe kental dan berambut, sesekali diaduk. Cicipi sampe didapat rasa yg pas. kalo kurang pas...bisa ditambahin gula dan garam secukupnya.
  3. Masukkan tempe goreng, aduk pelan2 biar ga ancur/remuk. aduk sampe rata.
  4. Buat pemanis, beri tumisan irisan cabe merah dan taburan bawang merah goreng.
  5. Dinginkan...trus simpan di tempat kedap udara spy ga mlempem.

Saturday, December 22, 2007

DAIGAKUIMO


Sebenernya ini sih bukan snek yg kita pingini kaya di osushiya san itu lho..satsuimo aliyas ketela potongan gede2 ada karamelnya tebel tapi kriuk2 gitu, sayangnya belum tahu gimana cara buatnya. Nemu resep kok ternyata hasilnya ga kaya di osushiya san gitu. *halah ngeles!!* salah resep..salah baca..ato emang saya yg ga bisa hahaha
Ada yg ngerti ga bikinnya kaya apa...kasih tahu dunkkkk pliz~_~.
Tapi sementara ini lumayan lah buat obat kepingin hehehe..tuh buktinya buat sepiring gede, dimaem panas2, pas dingin2 gini...waaaa bertiga
langsung abiiss!!


DAIGAKU IMO
大学いも

Bahan :
2 buah (550 gr) Satsumaimo/ketela

5 sdm gula pasir

2 sdm air lemon

souyu

50 mL air

iri goma / wijen hitam

minyak goreng


Cara membuat :

1. Kupas kulit ketela, cuci bersih. Potong korek api ato sesuei selera.

2. Goreng dalam minyak panas (160 C)sampe kekuningan dan matang. Buat memastikan, tusuk ketela goreng pake tusuk gigi ato grapu.

3. Di wadah lain. Panaskan gula, souyu dan tambahkan air. aduk2 sampe rata.

4. Biarkan mendidih dan sampe berserabut.

5. Masukkan lemon, aduk rata.

6. Masukkan ketela goreng, aduk2 sampe ketela tertutup gula karamel semua.

7. Taburi dengan iri goma.


Dikutib dan diterjemahkan bebas dari

Friday, December 14, 2007

CENIL


Bahan :
300 gram tepung kanji/sagu
300 mL air, didihkan
120 gram gula
garam sedikit
vanili bubuk
Pewarna merah dan hijau

Pelengkap :
Klapa parut kering, beri air sampe pas lemesnya, trus kukus pake sedikit garam dan vanili bubuk

Cara Membuat :
  1. Larutkan tepung kanji, vanili bubuk dan garam dengan sedikit air. aduk hingga larut.
  2. Didihkan air dan gula, sampe gula larut.
  3. Tuangkan larutan kanji ke air gula mendidih.
  4. Aduk sampe larutan berubah bening. Angkat, dinginkan
  5. Bagi 3 adonan, satu adonan tetep poutih, 2 adonan yg lain dikasih pewarna.
  6. Didihkan air secukupnya di panci. sementara siapkan klapa parut kukusnya yah.
  7. Bungkus tangan dengan plastik, pulung adonan sedikit dan bentuk sesuai selera.
  8. Masukkan adonan yg udah dibentuk ke air mendidih. Biarkan sampe mengapung. Tiriskan.
  9. Gulingkan cenil yg sudah matang ke kelapa parut. Siram dengan gula merah cair.

NB :

Biasanya sih dimaem bareng sama lupis dan klepon. Ato kalo di Malang nih, waktu beli..bilang aja beli yg "campur", dengan cekatan ibu yg jualan itu bakal nyuil sedikit demi sedikit lupis dan klepon ditambah bledus, gatot, horok horok dan tiwul. Belinya pagi abis subuh sambil brangkat ngantor, dimaem mojok di ruang s****n...wuiiih wenak banget. gantinya sarapan pagi hihihi ngetik kok yah sambil ngeces beneran kekekeke

Saturday, November 24, 2007

TERI KACANG

Bahan :
Teri, goreng kekuningan
Kacang goreng
air asem
gula palem
gula pasir
garam
daun salam
serai, dimemarkan

Bumbu :
brambang
bawang
laos
cabe merah giling

Cara Memasak :
1. Tumis bumbu halus, serai dan daun salam sampe wangi.
2. Masukkan gula palem, gula pasir dan air asem. Aduk2 sampe rata. Cicipi sampe didapat rasa yg pas (asin-manis-asem)
3. Biarkan sampe masak dan berserabut. sesekali diaduk.
4. Matikan api. Masukkan teri dan kacang, aduk perlahan sampe rata betul.
5. Dinginkan. Taruh di wadah kedap udara, tutup rapat.

Sunday, September 16, 2007


Wah ternyata dah lama bianget ndak posting2. Maklum lah yah...sek suibok deh, ples lagi ketimbun males hehehe. Maap buat yg dah ngintip tp ternyata tampilan blom brubah juga..wehehehe sok banyak yg ngintip ajah hihihi. Yowes2...molai posting yg kmaren2 nih. Dimolai dari ini dulu deh. Sperti biasa, dimodif sesuai lidah kita. Biar ga eneg, aku kurangi gula skalian telurnya. Trus dalemnya bisa diisi apa ajah, kismis ato coklat ato keju.

POFFERTJESS aliyas 'Telur Mini'
modified by Bunda Inong
Bahan:
200 gr tepung self-raising
50 gr maizena
100 gr gula pasir, aku pake 70 gram
4 butir kuning telur, aku pake 3 btr kuning telur
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instant
300 ml susu UHT
50 ml mentega cair
1/2 sdt garam
Isian : Kismis, keju - coklat blok diiris kotak2 keci
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan kecuali mentega dan garam.Aduk rata sampai licin dan tidak bergerindil.Diamkan 30 menit.Aduk lagi.
  2. Masukkan mentega dan garam.Aduk sebentar.
  3. Tuang di dalam cetakan max 3/4 cetakan. Kalau lebih nanti meluber.
  4. Bakar dengan api sedang. Masukkan isian sesuai selera. Kalo udah terlihat gelembung2 di permukaannya, balikkan dengan bantuan garpu atau cukil.
  5. Adonan yang masih cair di tengahnya akan membentuk permukaan baru dibaliknya.Bakar lagi sebentar sampai berwarna kuning kecoklatan.Angkat, taruh di piring saji.
  6. Sajikan hangat dengan es krim atau gula tabur.

Wednesday, September 12, 2007













Tanggal 15 Agustus yg lalu hari bentou di hoikusyonya Bilqis. Bikin yg simpel ajah
Merah. kyuri, tomat kecil, mikan disiram jelli, ma tumis hijiki, goma
Putih. ikan panggang + potongan keju, onigiri (bulet : diisi abon ikan, dihias guntingan nori melingkar; yg satunya onigiri panjang biasa : diisi tellur dadar dilapisi nori, tengahnya dikasih buncis rebus)

Thursday, August 09, 2007


Ini nih bisa dicoba kalo pas kepepet bin males bin cepet hehehe. cobain deh..soal rasa...mmm


ROTETAKE (Roti Telur Tabur Keju)
by me
Bahan :
1 lembar roti tawar yg tebel
1 butir telur
mayonais
2 sdm keju mozarella
alufo secukupnya
Cara membuat :
1. Siapkan roti tawar yg diletakkan di atas alufo.
2. Beri mayonais ngikuti bagian pinggir roti, sebaiknya 1/2 cm dari bagian pinggir roti.
3. Beri telur di bagian tengah.
4. Taburi keju.
5. Panggang sampe telur setengah matang/matang.

Wednesday, August 08, 2007

TAKOYAKI ala KITA


Bahan :
150 gram tepung takoyaki
350 mL air
100 gram tako (udang/cumi jg enak), potong 1 cm an
daun bawang, rajang tipis
1 buah wortel, parut
jahe, iris tipis kecil2

Olesan cetakan tako :
Minyak salad ato butter

Saus :
mayones
saus takoyaki
Taburan :
katsuoboshi
nori

Cara membuat :
1. Campur semua bahan, kecuali daun bawang dan jahe
2. Panaskan cetakan, olesi pake minyak ato butter.
3. Masukkan adonan bahan ke cetakan sampe penuh. taruh tako 1 per satu di tiap lubangnya.
4. taburkan jahe sama daun bawang.
5. Kalo udah kliatan berkulit, balik pelan2 sampe bentuknya bulat. Dan biarkan lagi sampe bener2 mateng. ato kliatan kuning kecoklatan.
6. Kalo sudah mateng, taruh di piring, beri saus tako.
7. Beri mayonais. .
8. Taburkan nori.
9. Taburi katsuoboshi.
10. Maem panas2..mmm enak2..

Jadinya 25 biji .

Biasanya sih ... orang jepang mengganti menu makan malam sama Takoyaki (Oyasan copyright :P).

Tips :

Buat yg pake cetakan manual alias di kompor, biasanya bahan cetakan dibuat dari besi. Suka aga rewel aliyas lengket kalo pertama kali dipake. Makanya sering2 bikin biar ga lengket hehehe. Selain itu sebelom nuangin adonan pertama kali ke cetakan, jangan lupa olesi cetakan sama butter ato minyak agak banyak.
Hu hu hu...sbulan dah berlalu..tp sampe skarang belom slesei juga hiks..aarrghhh mo ngapdet resep ajah kok yah ga sempet. Baru malem ini niyat deh ... alhasil..numpuk deh. Yasud..ditulis satu2 yah... Dimolai dengan peserta
p e r t a m a ....
--- smash ----
hehehe kaya mo nulis script ajah. hokeh2..ni dia yg mo di tulis....

Monday, June 18, 2007


BANANA MUFFIN
posted by Ruri bu admin

Bahan :

A. 420 gr tepung terigu

B. 275 gr butter

135 cc air
3 gr garam

C. 250 gr telur

D. 350 gr gula pasir
10 gr baking powder

E. 1 sdt essence banana Pisang barangan / raja /ambon


Cara membuat :
  1. Rebus bahan B : butter, air dan garam sambil mendidih
  2. Masukkan tepung kedalam kom mixer,
  3. masukkan bahan B panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukkan vanilla
  4. Masukkan telur satu persatu
  5. Campur bahan D gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
  6. Masukkan pisang yang dipotong kotak-kotak kecil
  7. Masukkan kedalam cetakan muffin sampai penuh hias atasnya dengan potongan pisang
  8. oven dengan suhu 160ー ア 25 menit
  9. Setelah dingin hias dengan royal icing

Royal Icing

kocok dengan sendok :

100 gr gula halus

2 sdm putih telur

5-6 tetes air jeruk lemon / cuka pasta sesukanya

Saturday, June 16, 2007

PIZZA KOMPLET

Jujur ajah, lidah saya ga terlalu kompromi ama yg namanya pizza. Buat saya , pizza ga pas ajah di lidah yg kebanyakan makan lodeh ini hihihi. Rikues Mas yang udah berulang kali minta dibikinin lage, ga pernah saya respon. Weeee...setelah berbulan2 akhirnya kepingin juga. Karna malem ini ada temen yg dateng trus ga ada cemilan, lagian buat paginya ga ada ide buat bikin sarapan, terpaksa bikin pizza lage. Tapi sayangnya, Bilqis ga doyan :(! huhuhu nangis deh, udah bikin capek2 ditolak mentah2 hehehe.

PIZZA KOMPLET
modified by ro-c

Bahan Kulit :
250 gram tepung terigu
150 cc air
1/2 bks ragi instan (1 bks = 11 gr)
2 sdm minyak goreng
Gula dan garam secukupnya

Bahan Isi :
1 sdm margarin buat numis
3 siung bawang putih, cincang halus
50 gr bawang bombay, cincang halus (ak pake 100 gr)
100 gram daging sapi giling
1 bh tomat, cincang halus
4 sdm saus tomat
50 gram daging asap, potong dadu kecil (ak ga pake)
2 bh sosis sapi (ak pake sosis ayam)
Lada, garam, oregano secukupnya
50 gr keju mozarella buat atasnya
paprika merah, p-man

Cara membuat :
1. Buat isiannya : tumis bawang putih sampe harum. Masukkan bawang bombay, tumis sampe harum. Masukkan bahan laennya, aduk sampe rata dan matang. Sisihkan.
2. Campur smua bahan kulit. Uleni lalu diamkan kurleb 30 menit sampe adonan mengembang.
3. Kempiskan adonan, bagi jadi 4 bagian, bentuk bulat tipis. Lalu tusuk2 bagian atasnya pake garpu.
4. Tuangkan adonan isi di bagian atas dan taburkan keju mozarella. Oven sampe matang ( ak pake 180 derajat C)

sumber resep : Menu Anak Nakita 2005

OKONOMIYAKI


OKONOMIYAKI(お好み焼き)


Monday, June 11, 2007

Lagi niat banget buat kue yang pake coklat seabreg. hihihi abis dapet coklat blok yg murmer, bawaannya jadi pingin ngabisin ajah. Penasaran juga seh ama resep yg kmaren rame di milis. Biasaaa.. slalu telat buat praktekin resep yg heboh sureboh :P. Tapi gpp..yg penting hslnya emang yahud. Kalo basanya Bilqis mah...yahooo manteff!! Tp karna menurutku waktu pertama buat, uih muanis banget, mknya waktu buat kedua, gula ama DCCnya dikurangi. Hasilnya, teteup endang bambang!!! pantes kalo orang2 pada jadiin resep andalan buat juwalan. Juwalan juga aaah (?loh kok)

MY CHEWY GOOEY YUMMY BROWNIES
source: Mas.E
posted by Liana

Bahan :
250 gr butter - potong kecil
400 gr DCC - potong kecil (boleh gunakan milk choc) aq pk 325 gr
6 butir telur
340 gr brown sugar (boleh gunakan gula pasir halus biasa) aq pk 300 gr
2tsp esen vanilla

20 gr chocolate emulco (pasta coklat) aq pk pasta coklat biasa
80 gr tepung terigu
60 gr coklat bubuk (gunakan Van Houten)
(campur dan ayak : tepung terigu + coklat bubuk)
140 gr kacang2an(boleh walnut/pecan/ almond/macadamia (optional)-toastkan ) mau plain juga boleh.

Monday, May 28, 2007


YOGURT BROWNIES

sumber : sedap sekejab


Bahan :

100 gram margarin

125 gram milk cooking chocolate, dipotong-potong

4 butir telur

150 gram gula pasir

25 gram cokelat bubuk

100 gram tepung terigu protein sedang

25 gram tepung maizena

25 gram susu bubuk

1/4 sdt BP

100 gram yogurt plain


Taburan: 25 gram almond slice 25 gram chocolate chips (ga pake blas :D,soale lg ga punya)

CARA MEMBUAT :


  1. Panaskan oven 180 derajat Celsius.

  2. Panaskan margarin. Masukkan milk cooking chocolate, aduk sampai leleh. Tambahkan yogurt. Aduk rata.

  3. Kocok telur dan gula sampe kental.

  4. Masukkan campuran tepung, cokelat bubuk, susu bubuk, dan BP sambil diayak dan diaduk rata.

  5. Tambahkan campuran yogurt, aduk rata.

  6. Tuang ke loyang brownies yang dioles dan dialas kertas roti. Taburkan almond dan chocolate chips. Oven 35 menit sampe matang
CHEESE CAKE PIE

Wednesday, May 23, 2007

Secara sumikser yg lg rada aleman, makanya pengennya coba2 yg ga begitu memperdayakan sumikser terlalu lama. Simple bikinnya dan cepet. Hasilnya juga hhoookehh. Tapi secara lidah kita kok yah manis banget yak, makanya bikin berikutnya disesuein biar ga eneg jadinya. Thanks buat jeng Lia yg udah share resepnya. Cobain deh

FUDGY BROWNIE

Bahan:

A. 250 gr dark cooking chocolate, dicincang kasar, aku pake 200 sajah

B. 175 gr minyak sayur (= 210 ml), aku pake 175 mL
Seujung sendok teh garam
3 sdm coklat bubuk
150 gr gula pasir, aku pake 100 gr sajah

C. 3 butir telur
1 sdt vanilla essence
50 ml susu cair
1/4 sdt BP

D. 175 gr tepung terigu

E. 150 gr chocolate chips (optional)
150 gr kacang2an panggang, cincang (optional)

Loyang ukuran 18x18x4 cm pan, olesi margarin, alasi kertas roti

Cara:
  1. Hangatkan bahan A, tambahkan bahan B, aduk sampe coklat leleh.
  2. Tambahkan bahan C secara berurutankecepatan rendah selama 2 menit.
  3. Masukin Bahan D dan bahan E (kalo pake loh), aduk rata.
  4. Tuang ke loyang yang udah disiapin, panggang dengan suhu 170 Celcius selama 40 (di ovenku 30 menit dah matang).
  5. Keluarkan dari oven, diamkan hingga betul2 dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong. (kalo aq..hangat2 dah tak potong, abis dah ngiler ga sabaran deh pingin nyicip hehehe).
  6. ctt : karna ga punya bahan E, dan belum beli karna waktu blanja kantong lagi tipis..maka utuk beberapa kali bikin, ga pernah pake hehehe.

Sunday, May 20, 2007

Gara2 Mas kmaren dulu beli pisang kebanyakan ples ga ada yg makan, bingung mo diapain. Bilqis yang biasanya suka ama banana ini, kok ya ga maem juga. Mo dibiarin ajah, ntar malah bonyok. Dibikin cake, bosen, digoreng bosen juga. Nyoba mo bikin donat ah, keknya enak juga deh.

DONAT PISANG
Sumber : Sedap Pemula
Bahan :
100 gr tepung terigu protein sedang
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instant (isi 11gr)
1/2 sdt garam
1 sdt bread improver (aku ga pake)
100 ml air (aku cmn pake 50 mL)
3 kuning telur
100 gr mentega (aku pake butter)
300 gr pisang ambon, haluskan
Minyak untuk menggoreng
Gula donat untuk taburan (pake yg laen juga boleh)
Cara Membuat :
  1. Ayak semua terigu masukan ragi aduk rata, baru masukan gula pasir.
  2. Tambahkan garam, air dan telur sambil terus diaduk dan diuleni
  3. Masukan pisang halus, aduk rata
  4. Masukan mentega, uleni terus hingga kalis
  5. Tes adonan, bila dirasa masih keras tambahkan sisa air, uleni sampai kalis
  6. Diamkan adonan selama 20 menit sampai mengembang
  7. Kempiskan, timbang adonan seberat 30gr untuk tiap2 donat, lalu bulatkan
  8. Bentuk pake cetakan donat, atur dalam wadah datar sesuai dengan urutannya
  9. Diamkan kembali selama 10 menit,
  10. Goreng dimulai dng urutan yang pertama dibentuk
  11. Beri topping sesuei selera.
UDON

Wednesday, May 09, 2007

SOP "BUNTUT FANTASY "

Bahan :
250 gram beef with bone (daging sapi tetelan) hehehe..abis ga ada buntut sapi siiy!
1 daun bawang, potong 1 cm
1 lbr daun sledri, rajang
1 buah wortel, potong sesuai selera
2 biji pekak
1 sdm bawang merah goreng/bawang putih
½ bh bawang Bombay, iris tipis
½ bh tomat, iris
1 sdm kecap manis

Bumbu dihaluskan:
3 siung bawang putih
½ sdt mrica
¼ sdt pala
Garam secukupnya

Cara memasak :

  1. Rebus daging sapi tetelan sampai empuk.
  2. Setelah empuk, ambil dan iris2 sesuai selera. Trus masukkan lagi ke dalam kaldu tadi.
  3. Masukkan bumbu yg udah dialuskan, daung bawang, pekak, bawang Bombay, tomat. Biarkan sebentar, kurleb 2 menit.
  4. Masukkan kecap sama wortel, masak sampe wortel cukup matang (jangan sampe terlalu empuk ya).
  5. Masukkan bawang goreng sama daun sledri.
  6. Siap disantaf selagi panas...

Monday, April 09, 2007

Sunday, March 04, 2007


SOTO MIE
Recipe by : Fatmah Bahalwan

Bahan :

500 gr daging sandung lamur (sapi)
250 gr kikil sapi, rebus, potong kotak-kotak
2000 cc air
250 gr mi basah
250 gr bihun basah
250 gr kol, diiris halus
4 buah tomat, diiris halus
3 sdm minyak sayur

Bumbu yang dihaluskan :

8 siung bawang putih
10 buah bawang merah
3 buah cabai merah
1 sdt garam
6 buah kemiri
1 sdt merica bubuk
1 sdt udang kering/ebi

Bahan untuk pelengkap :

1 batang daun bawang, diiris halus
1 batang daun seledri, diiris halus
Lumpia/risol goreng
Bawang goreng
Emping goreng
Sambal
Cuka
Kecap manis

Cara Membuat:
  1. Rebus daging sandung lamur dengan 1 sdm garam dalam panci tertutup hingga empuk. Keluarkan dagingnya, diiris kotak-kotak, kurang lebih 2 x 2 cm, tiriskan.
  2. Tumis semua bumbu, masukkan ke dalam kaldu, masak hingga kaldu mendidih.Biarkan di atas api kecil sekitar 20 menit hingga daging lunak. Angkat.
  3. Tempatkan mi basah dan bihun basah yang sudah diseduh dengan air panas, irisan kol, tomat, irisan daging, dan kikil dalam mangkok, siram dengan kuah soto.
  4. Taburi irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng.
  5. Hidangkan dengan emping goreng, irisan risol goreng, sambal, cuka, dan kecap manis dalam tempat terpisah.

    Untuk 4-5 orang.ah Bahalwan

Friday, February 23, 2007


Ga tahu kenapa, tiba2 sajah kangen ama cemilan ini. Meski dah jam 1 pagi, sementara badan dah pegel, mata dah ngantuk ditambah udara yg makin dingin, teteup sajah ngiler bin ngeces bayanginnya hihihi. Ya sutralah, daripada terbawa mimpi, bikin dulu yah..:P

Kuping Gajah

Bahan:
3 butir telur ayam
500 g tepung terigu
200 g gula bubuk
/2 sdt garam
200 ml air
2 sdm mentega
1 sdm cokelat bubuk atau 2 sdt cokelat pasta
minyak goreng

Cara membuat:

  1. Kocok telur sampe berbuih. Tambahkan tepung terigu dan bahan lainnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang bisa dipulung.
  2. Bagi adonan jadi dua bagian. Aduk satu bagian dengan cokelat bubuk atau cokelat pasta hingga rata. Biarkan satu bagian tetep putih.
  3. Gilas kedua adonan di atas talenan yang dialasi plastik.
  4. Tumpuk adonan cokelat di atas adonan putih lalu gulung hingga padat dan rapi. Biarkan hingga agak keras. Iris melintang tipis. Ato taruh di kulkas sbentar.
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampe kering. Angkat dan tiriskan.
  6. Jadinya kurleb 600 gram

Monday, February 12, 2007







"Seiris tak kan pernah cukup. Apple Pie .... kelezatan.. yang .. menggoda"
(garink mode off hehe)

Friday, February 02, 2007

Kue Lapis Beras

Brubung yg punya dapur dan personel rumah lagi mabok darat dan udara hihihi, makanya diputuskan beberapa hari kemaren ga apdet2 hihihi. Tapi bukan brarti ga ngeduplek di dapur. Brubung masih musim dingin, pinginnya ngemiiiil terus. Pingin maem kue lapis. Kue ini paling nikmeh kalo dimaem lapisan demi lapisan diklentekin gitu, wih wenak. Jadi inget jaman SD dulu suka jajan kue ini. Per iris 50 rupiah. hihihi...

KUE LAPIS BERAS

Bahan :
1 bungkus uruchi kome/tepung beras (=220 gr)
130 gram katakuriko/tepung kanji
175 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili
1000 mL santan (kekentalan sedang)
pewarna/coklat bubuk

Cara Membuat :
  1. Panaskan kukusan dan cetakan ukuran 18 x 18 cm yg sudah diolesi minyak
  2. Campur tepung beras, tepung kanji, gula, garam, vanili.
  3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil di uleni dan tercampur rata.
  4. Tuangkan seluruh santan, uleni sekali lagi sampe seluruhnya larut sempurna.
  5. Bagi 2 adonan. Salah satunya beri pewarna. Ato kalo pake coklat bubuk, larutkan coklat bubuk dengan sedikit adonan. baru campurkan ke adonan, aduk sampe tercampur rata.
  6. Tuang 1 sendok sayur adonan warna putih, kukus 10 menit.
  7. Tuang 1 sendok sayur adonan warna lain, kukus 10 menit. Begitu seterusnya sampe adonan habis.
  8. Terakhir, kukus 30-40 menit,
  9. Dinginkan, Siap di iris.

Ctt :

  • Prinsip pemakaian gula adalah 1/2 dari jumlah total tepung yg dipake.
  • Kalo pingin lapis yg lumer bisa dipake tepung beras saja.
  • Kekentalan santan yg dipake berpengaruh sama rasa gurihnya lapis. Makin kental, tentu makin gurih ..tp inget .. kolesterol booo ;_;

Monday, January 29, 2007


Buat cemilan dipagi buta ato temen teh disore hari.....emmmmm enyak. Apalagi kalo dimakan pas anget2 gitu...wuiiiihhh lezat..

PUDING ROTI ala rossy
sumber :ibu

Bahan A :
5 lembar roti tawar tebel, sobek2
3 cup susu segar
0,5 cup santan sedang

Bahan B :
8 sdm gula
5 sdm margarin/butter, cairkan
1 sdm vanilla essens
kismis secukupnya buat taburan
2 butir telur, kocok lepas

Cara buatnya :
  1. Siapkan loyang persegi 18x18x4 cm. Alasi pake kertas roti. sisihkan.
  2. Rendam sobekan roti sama susu. Campur rata
  3. Tambahkan santan. Aduk supaya smua roti terendam.
  4. Ditempat terpisah, campur Smua bahan B. Kecuali kismis.
  5. Kocok sebentar (2 menitan).
  6. Campur bahan A dan B. Aduk sampe tercampur rata.
  7. Tuang adonan puding ke dalam loyang. (Bisa juga lgsung d tuang ke cup kecil2)
  8. Kukus selama 20 / sampe tanak.
  9. Disajikan selagi hangat.

Wednesday, January 24, 2007



MAGUR aka LELE GORENG

Demi istrinya yg tercintah ini, Mas bela2in malem2 beliin magur beku aliyas lele. Padahal diriku bilangnya dah beberapa bulan yang lalu..aah ternyata...dikau masih inget juga. Seneng? pasti dunkk hehehe. Tapi setelah dibuka, itu lele kok yah udah dipotong2 gitu. Jadinya ya ga kayak lele goreng yang biasa kita liat di Indo itu loh. yaaa lumayan lah bisa ngobatin rasa kangen. apalgi kalo di penyet sama sambal bajak, ato sambal kemangi...wuihhh mak nyooosssss.

Friday, January 12, 2007

Lagi rame ngobrolin yang serba karamel. Karna ga PD bikin puding karamelnya (hehehe ngeles...bilang aja ga bisa :D) maka diriku milih buat caramel cake aja yang gampang dan cepet. Buatnya sih cuman setengah resep aja. Tapi yang penting ...makannya sepenuh hati hehehe
Caramel Cake
Source : Fatmah Bahalwan
Bahan:
8 butir telur ayam
150 gr margarin
425 gr gula pasir
180 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
2 sdt soda kue
450 ml air panas
200 ml susu kental manis

Cara membuat:

  1. Buat karamel: Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, inginkan.
  2. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok dengan kecepatan rendah. Matikan mixer.
  3. Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  6. Panggang dalam oven, suhu 180’C selama kl. 40 menit atau sampai matang.

Friday, January 05, 2007

AGAR AGAR GULA MERAH

Agar2 ini juga jadi favorit kluarga. Apalagi kalo dulu waktu daku masih kecil, kalo pas sakit dan ga mo maem..Umi slalu bikinin ini buat pengisi perut hehehe. Ah..jadi kangen sama masakan Umi niiiyyy

AGAR2 GULA MERAH
sumber : Ibuu

Bahan :
1 bungkus agar2 tanpa warna (7gr)
200 mL santan kental
500 mL air
2 buah cengkih
200 gram gula merah, sisir

Cara Membuatnya :
  1. Masak gula merah dengan air kurleb 300 mL. Saring.
  2. Masak hasil saringannya dicampur dengan sisa air dan smua bahan. Aduk2 sampe rata. Kalo sudah mendidih, angkat.
  3. Tuang ke dalam cetakan (sesuai selera).
  4. Dinginkan.

Wednesday, January 03, 2007


DONAT EMPUK Ala JCO

Heboh soal donat empuk ala JCO di NCC, hehehe seperti biasa...jadi terpancing juga buat nguplek adonan donat. Meski perut rada2 kontraksi saking semangatnya ngulenin tuh adonan hahaha. Alhamdulillah..Syukur deh akhirnya berhasil...berhasil...berhasil...hore!! (sambil gaya kek dora :)). Ga nyesel deh sama proses fermentasinya yg mayan lama. Apalagi kalo dimakan masih anget dicelupin ama DCC leleh...wuih makin manteffff!!
DONAT EMPUK ala J-CO
sumber : NCC
Bahan A:
850 gramTepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gram Ragi instan
10 gram Garam
600 ml Air matang

Bahan B:
200 gram Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi)
10 gramGaram
60 gramSusu bubuk full cream
125 gram Gula pasir
100 gram Telur ayam
125 gram Mentega putih/shortening , siap pakai

Cara Membuat:
1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan.
2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10
menit. Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalu cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 menit.
4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna
kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera.

Tuesday, January 02, 2007

Tempura soba 天麩羅蕎麦 – Topped with tempura, usually a large shrimp

TOSHIKOSHI SOBA

Toshikohi ("year-crossing") soba ini disantap khusus pas malam pergantian taon baru.
The eating of noodles on New Year's Eve is a custom that goes back at least 200 years. For toshikoshi soba, handmade noodles are left extra long to symbolize longevity and prosperity. Slurping the hot noodles in the last minutes of the old year and the first moments of the new insures health and good fortune for another 12 months.
Generally, hot noodles are eaten with the traditional broth of the region, with a shrimp or two thrown in for the occasion. (http://search.japantimes.co.jp/cgi-bin/fg20011230rl.html)
Soba noodles are native Japanese noodles made of buckwheat flour (soba-ko) and wheat flour (komugi-ko). They are roughly as thick as spaghetti, and prepared in various hot and cold dishes. The most basic soba dish is zaru soba in which boiled, cold soba noodles are eaten with a soya based dipping sauce (tsuyu).