Saturday, December 29, 2007

KLEPON KABOCHA

Stelah ampir stengah taon baking blues, tiba2 hasrat ini kok ya muncul begitu sajah. Ya..maklum lah. Saya ikut2tan Akihiko yg lg alergi bbrp bahan makanan. Yg ga makan kue cuma satu tapi yg kena imbasnya bilqis sama papanya hahaha...kesiaaan bgt! Ini juga gara2 bilqis sih yg slalu protes dan nanya terus. Gini ktnya "kyou wa oyatsu wa nani? mama..tsukute dayo. bilqis oyatsu tabetai kara hmmmm..mama..mama jouzunaaa" (kira2 artinya gini: ma2 hari ini sneknya apaan? ma2 bikin dong.bilqis pingin, kan ma2 pinter) sambil pasang nyengir ngerayu ples memelas. hihihi sapa yg tahan kalo terus2 dia ngomong gituw. Meski bukan keki tp yg penting smua bisa maem, termasuk akihiko jg bisa ngicip2...aaaah senengnya bisa nyemil lagi hehe.
Kali ini pingin buat klepon tapi yg beda dari biasa buat.
Karna ga punya pasta pandan, cobain bikin yg pake campuran
tapi bebas pewarna..Hasilnya...
top markotop....mantafff!! ~_^

KLEPON KABOCHA
modified by ro-c

220 gram tepung ketan putih(1 bungkus)
200 gram kabocha/labu kuning, dikukus, dihaluskan
75 mL air hangat (ato secukupnya)
1/4 sdt garam
seujung sdt vanili bubuk
100 gram gula palem, disisir

Taburan (semua bahan dicampur, dikukus sampe matang, 20 menitan):
100 gram klapa kering, dikasih air sedikit sampe lemas
1/4 sdt garam
vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Didihkan air dalam panci.
  2. Tempatkan tepung ketan dalam baskom
  3. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampe tercampur rata.
  4. Masukkan kabocha halus, garam, dan vanili bubuk. Uleni sampe adonan kalis.
  5. Ambil sejumput, padatkan terus pipihkan. Isi tengah2nya dengan gula palem secukupnya. Terus tutup dengan pinggir adonan, bentuk bulat. Begitu sterusnya sampe adonan habis.
  6. Masukkan dalam air mendidih. Biarkan sampe mengapung.
  7. Tiriskan. Gulirkan ke dlam kelapa parut kukus.
    Siap disantap.

Tips :

  • Waktu ngisi gula palemnya jangan terlalu banyak, soalnya kalo kebanyakan malah adonan kulit bagian dalam terlalu basah sama gula, jadi mentah.
  • Waktu membentuk adonan, sebaiknya adonan yg udah jadi ditutup pake lab supaya ga kering, ato langsung masukkan ke air mendidih.
  • Lebih baik kalo digulirkan ke kelapanya waktu panas2 supaya kelapa bisa nempel sempurna *_*

Wednesday, December 26, 2007

Sunday, December 23, 2007

KERING TEMPE

Bahan :
400 gram tempe, potong tipis2 sesuei selera, goreng kering
2 lembar daun salam
1 buah serai, memarkan
2 cm laos, memarkan
2 sdm air asam kental
75 mL air
25 gram gula merah
1 sdm gula pasir

Bumbu dihaluskan :
1/6 bawang merah bombay
4 butir bawang putih

1/4 sdt garam


Cara Memasak:
  1. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan, serai, daun salam, sampe wangi.
  2. Masukkan air, gula, air asem secara berurutan. Aduk rata.
    Biarkan sampe kental dan berambut, sesekali diaduk. Cicipi sampe didapat rasa yg pas. kalo kurang pas...bisa ditambahin gula dan garam secukupnya.
  3. Masukkan tempe goreng, aduk pelan2 biar ga ancur/remuk. aduk sampe rata.
  4. Buat pemanis, beri tumisan irisan cabe merah dan taburan bawang merah goreng.
  5. Dinginkan...trus simpan di tempat kedap udara spy ga mlempem.

Saturday, December 22, 2007

DAIGAKUIMO


Sebenernya ini sih bukan snek yg kita pingini kaya di osushiya san itu lho..satsuimo aliyas ketela potongan gede2 ada karamelnya tebel tapi kriuk2 gitu, sayangnya belum tahu gimana cara buatnya. Nemu resep kok ternyata hasilnya ga kaya di osushiya san gitu. *halah ngeles!!* salah resep..salah baca..ato emang saya yg ga bisa hahaha
Ada yg ngerti ga bikinnya kaya apa...kasih tahu dunkkkk pliz~_~.
Tapi sementara ini lumayan lah buat obat kepingin hehehe..tuh buktinya buat sepiring gede, dimaem panas2, pas dingin2 gini...waaaa bertiga
langsung abiiss!!


DAIGAKU IMO
大学いも

Bahan :
2 buah (550 gr) Satsumaimo/ketela

5 sdm gula pasir

2 sdm air lemon

souyu

50 mL air

iri goma / wijen hitam

minyak goreng


Cara membuat :

1. Kupas kulit ketela, cuci bersih. Potong korek api ato sesuei selera.

2. Goreng dalam minyak panas (160 C)sampe kekuningan dan matang. Buat memastikan, tusuk ketela goreng pake tusuk gigi ato grapu.

3. Di wadah lain. Panaskan gula, souyu dan tambahkan air. aduk2 sampe rata.

4. Biarkan mendidih dan sampe berserabut.

5. Masukkan lemon, aduk rata.

6. Masukkan ketela goreng, aduk2 sampe ketela tertutup gula karamel semua.

7. Taburi dengan iri goma.


Dikutib dan diterjemahkan bebas dari

Friday, December 14, 2007

CENIL


Bahan :
300 gram tepung kanji/sagu
300 mL air, didihkan
120 gram gula
garam sedikit
vanili bubuk
Pewarna merah dan hijau

Pelengkap :
Klapa parut kering, beri air sampe pas lemesnya, trus kukus pake sedikit garam dan vanili bubuk

Cara Membuat :
  1. Larutkan tepung kanji, vanili bubuk dan garam dengan sedikit air. aduk hingga larut.
  2. Didihkan air dan gula, sampe gula larut.
  3. Tuangkan larutan kanji ke air gula mendidih.
  4. Aduk sampe larutan berubah bening. Angkat, dinginkan
  5. Bagi 3 adonan, satu adonan tetep poutih, 2 adonan yg lain dikasih pewarna.
  6. Didihkan air secukupnya di panci. sementara siapkan klapa parut kukusnya yah.
  7. Bungkus tangan dengan plastik, pulung adonan sedikit dan bentuk sesuai selera.
  8. Masukkan adonan yg udah dibentuk ke air mendidih. Biarkan sampe mengapung. Tiriskan.
  9. Gulingkan cenil yg sudah matang ke kelapa parut. Siram dengan gula merah cair.

NB :

Biasanya sih dimaem bareng sama lupis dan klepon. Ato kalo di Malang nih, waktu beli..bilang aja beli yg "campur", dengan cekatan ibu yg jualan itu bakal nyuil sedikit demi sedikit lupis dan klepon ditambah bledus, gatot, horok horok dan tiwul. Belinya pagi abis subuh sambil brangkat ngantor, dimaem mojok di ruang s****n...wuiiih wenak banget. gantinya sarapan pagi hihihi ngetik kok yah sambil ngeces beneran kekekeke