Sunday, September 07, 2008

Hepi Besdei Say...(2)

Masih berkaitan sama ultahnya si "Sulung"ku. Sempetin juga buat nasi kuning komplit. Ada cap cay ples telur puyuhnya, berkedel kentang, shomen goreng, sama ayam bakar bumbu rujak. Brubung udah sering bikin tumpeng nasi kuning, kali ini sesuai rikuesnya Bilqis, nasi kuningnya minta dibuat bentou. Hmmm ide bagus, pikirku..nayamul..lucu juga jadinya.

NASI KUNING
4 cup beras, cuci, tiriskan
750 ml santan, kekentalan sedang
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
1,5 sdt kunyit bubuk
6 biji cengkih
garam secukupnya
2 sdm air jeruk nipis
hiasan dari wortel/timun (potong pake cutter cookie)
plastik wrap
Cara membuat :
  1. campur santan dan smua bumbu kecuali beras, didihkan
  2. kukus beras sampe setengah matang/ karon.
  3. tuang santan sedikit demi sedikit, aduk sampe merata dan santan terserap habis.
  4. campurkan air jeruk nipis, aduk rata.
  5. kukus lagi karon yg sudah dicampur santan sampe matang dan tanak.
  6. siapkan plastik wrap secukupnya/plastik biasa juga bisa. ambil hiasan dari wortel/timun letakan di plastik wrap. Tuangi nasi kuning yg sudah matang secukupnya, padatkan / dikepal2 pokoke bentuk sesuei selera. Sisihkan.
**Oiyah........Karna nasi jepun udah punel banget, jadinya ga pake nambahin beras ketan. Jumlah air santan juga tergantung ama jenis beras (sesuaikan dengan biasanya ajah). Karna ada beras yg boros air, ada yg biasa, ada juga yg ga terlalu banyak air.

7 comments:

Anisa said...

mbak bentonya ckep banget, bikin aku ngiler nih, kapan ya maem masakannya mbak Rossi lagi hehehhehe

rosy said...

Alhamdulillah, thx.
iya..yuuk ke osaka lagi yuuk ^_^

Lidia Sianturi said...

cantik Ros bento-nya..pengin sekali2 bikin deh..nti kali kalo anakku wis takday-care-ke..

A.G said...

wuayu tenan rek bentone.... sapa sih yg nulak dikasi ginian..aku aja mau. Tp kl biikin ini pagi-2 buta pasti mikir dolo, musti bangun jam 5 pagi hehe :P

rosy said...

## Lidia :
tengkyu Lid. He eh..nggawe gih. Bianca pasti seneng.

## Ayin
Tengkyu Yin.
Tapi iki aku ndadak kok, nggawene ae baru sore. Dadine ga gitu apek sih, sing penting arek e seneng hehehe.

Judith said...

Dah lama aku mau coba bikin Bento, tapi kok rada njlimet yak Ros? Soale aku orangnya nggak telaten alias males lah .. he he ..

Rosy said...

Halah wong dikau rajin bgt gitu mbak ^_~