Friday, September 05, 2008

Hepi Besdei Say...(1)

Hari ini Bilqis Ulang tahun. Beberapa kali ultah belom sempet bikinin kue. Lagian udah setaonan lebih ini ga buat cake lagi :(. Papanya juga wanti2, minta buatin sponge cake sederhana ajah "biar anaknya seneng", katanya. Yoshhh...hakhire bikin sponge cake dapet resep dari Ayin. Thanks resepnya ya.
Dateng2 dari hoikusyo karna ngintip di kulkas ada cake ultah yg ada namanya dia waktu dianya ngambil susu, udah ga sabar ajah mo "hepi besde an". . Meski simple karna lupa ga beli hiasan ples BCnya lupa cuma beli 2 kotak doang, tapi syukurlah, Bilqis seneng banget. Bahkan adeknya ikut2tan mo ultah sambil nduliti BCnya. Seneng rasanya, karna Bilqis berulang kali bilang "makasih udah dibikinin kue"..hiks hiks terharu biru ndengarnya. Cerita selengkapnya di sebelah.

CHOCOLATE SPONGE CAKE
sumber : Ayin

Bahan :
8 bh kuning telur
8 bh putih telur
175 grm gula
100 grm tepung terigu
50 grm maizena
50 gm butter, lelehkan
1 sdt vanilli sugar (1/2 sdt vanilli )
25 grm unsweet choco powder


Cara membuat :
Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius
Kocok kuning telur dengan 2 sdm gula sampai putih dan creamy, sisihkan
Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai agak mengembang
Lalu masukan gula sedikit demi sedikit sampai putih menjadi kaku.
Campurkan kuning telur, aduk rata.
Jadikan satu tepung terigu, tepung maizena, choco powder dan gula vanilli.
Masukan keadonan telur sambil diayak dan diaduk perlahan.
Siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarine
Tuangkan adonan, dan panggang selama kurleb 30 menit atau sampai cake matang. ( aku tak panggang 170 25 menit)
Setelah matang, diamkan dalam loyang selama 10 menit lalu keluarkan dari loyang
Hias sesuai selera.


** Filling pake bc + jeruk kaleng.

6 comments:

Anisa said...

Birukisu chan... otanjoubi omedetou gozaimashita... genki de.4 sai ni narimashita, okikunatara nani ga naritai desuka ?
ehm, cantiknya pake baju merah, safa boleh pinjam gak ?
Makin gedhe, tambah cakep dan pastinya juga semakin pinter ya mbak. Senengnya...

maaf telat nih, maklum gak pernah bw nih akhir2 ini.

mbak cake nya cantik banget, itu BC nya kok bisa putih gitu, ngocoknya lama ya ? atau pake butter yang putih to ?
ehm...oishisou... tabetai.

rosy said...

heheh...tengkiyuu Tante..

BCnya pk yg biasa kok mbak, emg ngocoknya rada dilamain sih. Yg biasa Ambak Nisa bikin juga cakep2 kok(*_')

Lidia Sianturi said...

met ulang taon sayang...cium sayang dr tante yg jauh ini...salam juga dr dedek bianca...

btw, aku ra iso ninggali pesen nang SBmu, heng terus SBmu...
iya lagi nunggu hari nih...thx ya, mohon doanya...

A.G said...

Selamat ultah say... sori kalo telat hehe..
makasih udah pk resep sponge cakeku :)cakenya simpel tp cantik

Shinta said...

o tanjoubi omedetou gozaimasu Bilqis chan...
Cake-nya cakep seperti yg ultah :D

rosy said...

##Lidia :
Tengkiyuu Tante...mmmuah juga buat Bianca cayang.
Iyo Lid, error SB ku. hihihi
Tak doain lancar ya buu

## Ayin :
Tengkiyuu Tante.

Sponge cake ke mak nyuss tenan loh.thx ya.

## Shinta :
Makacih Tante Shinta..

Cake ke cakep kaya yg ultah apa yg bikin hihihi (ga mo kalah karo anak e (^o^)