Thursday, July 04, 2013

MARHABAN YAA ROMADLON....Kukis Dapur Diva hadir lagiiii




Assalamu'alaikum wr. wb.

Apa kabarrr? 
duuh gak terasa lama nian tak mengisi blog. tahu tahu sudah jamuran. 
dan kini saatnya panen jamur hehehehe...

oiya...sebentar lagi Ramadhan tiba..
Kami segenap Crew Dapur Diva mengucapkan
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA.
Semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun2 yang lalu.  Aamiin.

Sekalian kasih kabar yah...
tahun ini dapur Diva kembali hadir dengan aneka kue kering...
Cekidot yuukk

Untuk PO sampe tanggal 15 JULI 2013 (terutama untuk pengiriman luar kota)
Informasi lebih lengkap soal produknya...
yuuk meluncur langsung ke fanpage Dapur Diva..
Jangan lupa like kami ya...

Maturnuwun








JANGAN LEWATKAN !!!

Persembahan spesial DAPUR DIVA untuk Putra putri Anda ^-^

Kukis ini dibuat dengan komposisi bahan tanpa telur dan tanpa bahan berbasis susu... serta pemakaian full margarine yang merupakan
produk berbahan lemak nabati


Dengan pengalaman kami menangani anak berkebutuhan khusus
(baca: alergi makanan) selama 6 tahun..
kami mencoba membantu para Ibu menyediakan kukis aman
untuk anak yang memerlukan perhatian ekstra dalam konsumsi makanannya.



Rasanya gak kalah seru dengan yang berbahan standart lho. 
Selain itu bentuknya juga unyuuu.. hehehe

Yuk Mom diorder...InsyaAllaah si kecil suka ^^
(Jangan lupa perhatikan jenis Alergen putra putri Anda !! ) 






Dikemas dalam toples bulat ukuran 500 gr.
Netto/toples : +/- 500-550 gr

Berminat?? 
Yuk langsung saja meluncur ke fanpage Dapur Diva
Pemesanan langsung PM via FB ..

Monday, July 13, 2009

Sooseeji Baagu


Bahan :
Daging ayam giling ................. 100 g
Bawang bombay cincang ....... 1/4 buah
Cabe hijau cincang.................. 1 1/2 buah
bawang putih cincang............ 1/2 butir

Alat :
Tusuk sate
alumunium foil

Bumbu :
Telur ayam ............................. 1 butir
Tepung panir kasar ............... 3 sdm
Saos tomat .............................. 1 sdm
Bubuk Kare ............................ 1/2 sdm
garam
merica bubuk ........................ 1/4 sdt

Cara membuat :
1. Campur semua bahan sampe rata, masukkan bumbu. Campur sampe rata.
2. Siapkan tusuk sate, balut ujungnya pake alumunium foil.
3. Tempelkan adonan ke salah satu ujung tusuk sate yg ga terbungkus alumunium foil, sampe rata di sekelilingnya. Jangan lupa, pastikan adonan menempel padat.
4. Siapkan selembar alumunium foil untuk alas sate.
5. Oven slama kurleb 5 menit. Balik. Oven lagi menit, suhu 160 derajat C. (Bisa juga pake wajan teflon, olesi margarin/minyak sebelum dipake)

sumber : Majalah Otsumami-Okazu 386

Thursday, June 25, 2009

Mama...Arigatou

"Bu, besok kelas himawari(bunga matahari) ada jalan2 ke taman. jangan lupa bilqis bawa bentou (bekal makanan) yah. bawa alas duduk, minum, lap basah sama bekal. Jam 8.30 sudah harus sampe yaa", begitu kata Yuri sensei, guru kelasnya bilqis berpesan padaku ketika aku baru saja masuk ke ruangan buat menjemput anak2. "oke..makasih infonya sensei..besok saya siapkan", jawabku. Aku dan anak2pun segera pamitan pulang. Sesampai di pintu pagar, seperti biasa hiko kun berlari2 mengahampiri sepeda bututku yg kuparkir di depan sekolah. Biasaa lah, hiko kun selalu berebut naek di kursi belakang. Dia merasa sudah besar sampe merasa ga cocok lagi duduk di kursi depan yg mungil itu. Hmm...anakku yg ganteng (hehe) ini emang sudah gede..wajar kalo dia slalu berusaha mengambil keputusan atas apa yg dia ingin lakukan. Akhirnya sore itu pun ka bilqis lagi2 harus mengalah, jalan kaki. Kutuntun sepeda pelan2 bersamaan dg langkah kecil si bilqis. Di sepanjang jalan, sambil mendengarkan bilqis bercerita tentang aktifitasnya di sekolah, pikiranku masih melayang membayangkan bentou apa lagi yg akan ku buat untuk besok...ah dasar!!
Ya..membuat bentou bagiku bukan pekerjaan mudah...banyak hal yg musti kusiapkan. Mulai dari menu apa kira2 yg akan ku buat. Bahan apa yg kubutuhkan, tersedia apa ga di lemari esku yg mungil ini. Bentuk bekal dan hiasan apa yg akan ku kerjakan nanti. "halah, masak gt ajah kok refot, kan tinggal masak, masukkan ke kotak bekal..beres kan?", kata seorang temanku ketika mendengarkan keluhanku susahnya membuat bentou. hmm bener..ndak ada yg salah dg komentarnya. Tapi bentou anak2 biasanya bentuknya lucu2..imut2..dengan dekorasi macem2. Cantik dan tidaknya bentou menggambarkan bagaimana tipe si ibunya. Kalo bentuk bentounya simpel ato apa adanya, biasanya kalo ga ibunya emang sibuk, ya brarti sang ibu males hihihi. Kalo bentounya kawai (cantik), menunjukkan si ibunya rajin..katanya begitu. Maka ketika hari bentou itu tiba, biasanya si ibu bakal membekali anaknya dg bentou yg cantik, kawai..pasti sang anak pun akan bangga dg bentounya.
Sbenernya, bagiku kawai ato nggak kawai sama saja. Lha kalo emang pas ndak punya ide, wal hasil bentuk bentounya juga ala kadarnya..biasa saja...ato kalo kita bener2 sibuk shg ga punya waktu buat menyulap bentou jd bentou yg kawai...so what gt loh. hehe
Tapi ya namanya pingin membahagiakan anak..demi melihat matanya berbinar2 menatap kawaii o bentou yg dia bawa, maka berusaha bangun sepagi mungkin..harus belajar membuat se kawaii mungkin.....meski hasilnya kawakunai (ga cantik). Pastinya dia juga tambah bersemangat buat maem...ato malah males makan karna terlalu cantik, jdnya sayang buat dirusak bentuknya hehehe .Yg penting aku tetep harus belajar. yosh! ganbarimasu!

Ketika sampai di rumah, anak2 pun ku larang bermain bola dan bersepeda di depan rumah, seperti kebiasaannya ketika pulang sekolah. Harus mandi, maem, ngaji, nyanyi2, baca cerita trus bobok lebih awal. Fiuh...akhirnya jam 9 malam itu, aku berhasil membuat anak2 kelelahan dan tertidur pulas hihihi. Sementara aku? ... ya...aku masih sibuk memikirkan tentang spt apa kawaii obentou buat besok paginya..dasar!!!
Malam semakin larut, mata sudah berat..tinggal 5 watt, sudah jam 1 dini hari, tapi ide untuk membuat bentou besok pagi pun masih belum terlintas..hmm bakal ga ada kawaii obentou lagi pikirku. Akhirnya kusudahi menjelajah gambar demi gambar obentou yg ku liat. Smuanya ga pas dg bahan2 yg ada di kulkasku. Ah sudahlah..tidur saja, batinku. Aku pun beranjak tidur.
Beberapa jam kemudian, hari sudah pagi, kumandang adzan subuh dari kompi yg lupa kumatikan itupun suaranya memenuhi ruangan tidur. Segera beranjak bangun, dan menunaikan kebutuhanku. Setelah smua selesei..lagi2 pikiranku masih dipenuhi dg kata2 kawai obentou. hmm..memang bilqis ga pernah rikues macem2 tentang bentou apa yg dia akan bawa. Tp selalu saja justru itu yg membuatku deg deg an..takut kalo dia ga suka, dan akhirnya ga kemakan. maklumlah, terkadang dia suka pilih2 makanan meski ga secara jelas dia ungkapkan hehe..ku tahu..Bilqis sgt menghormati hasil masakanku yg sering "hancur" ga jelas hihihi. Ketika dia ga suka, ga pernah dia bilang "ga suka" ato "ga enak"..tp yg ada, selalu dia bilang "ma..sekarang ga makan ya, sdh kenyang" hihihi...bilqis..bilqis. Yoshhh!! ku singsingkan lengan baju (huehehe) dan mulailah bergerilya di dapur mungilku. Biarin ah..yg penting dimasak dulu, bentuknya apa belakangan. Akhirnya, jam 6 selesai juga..segera kubentuk dn kuhias apa adanya, buat mencari ide sudah ga nutut lagi. Hanya berharap..smoga bilqis chan maemnya lahap dan suka.
Sudah jam 7.30...waduuh padahal musti berangkat jam 8.15. alas duduk belum siap, anak2 belum maem, lap hiko kun belom disiapin, haduuuhhh kebanyakan mikir bentou malah kacau semua.
Giliran buru2 begini, minta tulunk si Mas, ngantar bilqis dulu..biar ga telat...padahal mah akhirnya telat juga 5 menit..maap nak... :_:
Bee Bentou For Bilqis

hmmm...akhirnya jam 9 hiko kun pun sdh di sekolah.
Kalo sudah begini...tinggal menarik napas..syukurlah bawa bentou cantik ga tiap hari...coba kalo tiap hari..hmmmmmm. Segera ku bereskan rumah sekilat mungkin, nyiapin bentou misua, bentou sendiri dan kabuuurrr sekencang2nya dg sepeda bututku ke asahi gaoka....udah mau jam 10 tet..tulunkkk !!
Bentou Pa

Bentouku
Sore itu..jam 16..
Bergegas ku kayuh sepeda bututku buat menjemput anak2 yg hanya butuh 15 menit buat nyampek di sekolah. Ketika tiba di depan pintu ruangan, tiba2 Bilqis tergopoh gopoh menghampiriku.."hmm kenapa ya.." pikirku. Dia pun lalu tersenyum sambil memandangku..keluar kata2 dari mulut mungilnya "mama..makasih ya, udah bikin bentou cantik buat Bilqis, kawakute osihikatta (cantik enak)" Mak nyesssss...dadaku selperti disiram air es (halahhh!!)...sama2 nak...syukurlah kalo ka bilqis suka..makasih ya say..
Hari itu seperti hujan kembang(halahhh!!), hatiku selalu berbunga2 ketika kata2 itu muncul dari mulutnya yg mungil ..di sepanjang jalan pulang...Bilqis pun dg semangatnya bercerita tentang jalan2nya dan bentounya yg kawakatta...

Alhamdulillaah...makasih say
oshimaii

Wednesday, June 10, 2009

Cistel Saus Tiram


Cistel Saus tiram

175 g buncis, cuci, potong menyerong
100 g wortel potong sesuai selera
6 buah tomat mini, belah jadi 2
150 ml air kaldu/air biasa
1 cm engkuas, geprak
2 sdt kecap manis
1 sdt saos tiram
2 sdm minyak zaitun
2 sdm bawang merah goreng (buat taburan)

Bumbu dihaluskan:
bawang 1 sdm
mrica 1 sdt
garam1/2 sdt
gula 1/4 sdt

Cara memasak :
1. Panaskan wajan dengan minyak goreng
2. Tumis bumbu halus, lengkuas sampe harum.
3. Masukkan buncis, wortel, aduk rata.
4. Masukkan air kaldu/air biasa. Masak sayur sampe agak lunak/matang dan air berkurang
5. Tambahkan kecap dan saos tiram serta tomat mini. Aduk hingga rata.
6. Cicipi asin dan manisnya. (jika kurang pas, tambahkan garam/gula pasir sesuai selera)
7. Jika sudah matang, taruh dalam mangkuk saji, taburkan bawang merah goreng.
8. Siap disajikan dengan nasi panas dan sambal terasi ^_^.

Saturday, May 30, 2009

Onbitjkoek

Tantangan kali ini mengusung tema kue Indonesia. Kirain bakal ga ada telurnya, ternyata masih memasukkan telur sebagai unsur bahannya. Ya sudah, smoga para pencicip di rumah suka dengan hasilnya. Karna ga ada cengkih bubuk di sini, terpaksa blender cengkih sendiri dari cengkih kiriman Umi. Syukurlah, hasilnya lumayan prefect. Step by step pembuatannya juga gampang diikuti, samsek ga ada kendala. Cuman waktu pemanggangan ajah yg rada kebablasan. Aku set suhu 180 derajat selama 15 menit, setelah itu aku tinggal keluar..walah pulang ke rumah ternyata onbijkoek ku kurang matengdalemnya dikiit ..yappari... ..akhirnya aku tambah lagi, 160 derajat 4 menit saja..hasilnya dalemnya mateng, atasnya agak gosong hihihi...Tapi yg penting aroma wanginya memenuhi ruang dapurku yg sempit ini.Ketika sore dan ka Bilqis, anakku yg pertama nyicip..."hmm enyak" katanya. Alhamdulillah dia suka, Suami juga suka. Sedikit kemanisan menurutku, padahal gulanya sudah aku kurangi 15 gram. Malem sebelum bobok, anakku pesen, begini katanya "Ma, besok bikin lagi kue yg tadi yah" Alhamdulillaah ..lega..smua suka dengan rasa dan wangi kuenya..

Onbitjkoek

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

125g gula palem/gula merah

5 kuning telur

3 putih telur

campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk

50g kenari, iris tipis

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Wednesday, May 20, 2009

RAISIN BAGEL

Sejak hari minggu (17) hoikusyo tempat anak2 udah nelpon kalo seminggu ke depan ini bakal libur karena antisipasi swine flu. Di Osaka sekolah diliburkan mulai day care, SD sampe universitas libur. Padahal waktu itu yg kena masih dikabarkan dari kota sebelah (Kobe), diduga yg terkena 4 orang. Dan hari selasa kemaren di Osaka sudah mencapai 10 orangan. Eh sampe hari rebu malem sudah sampe 117 orang. Agak ngeri juga jadinya.. Mudah2an smua diberi kesehatan ..Amiinnn..
Sementara sejak dikabarkan ada yg diduga terkena swine flu, mulai senin kepanikan masyarakat jepang ini terlihat dg jalan2 yg sepi , meski supa, toko2 kecil, mall, tetap buka tapi terlihat pembeli berkurang. Public service, bank dan kantor2 jg tetep berjalan spt biasa . Di mana2 orang hampir 80 % pake masker. Masker mulai minggu siang di toyonaka dan skitarnya habis, di supa, toko obat, bahkan di hyakuen shop (toko 100 yen) yang biasanya banyak nagkring di rak...smua ludes terjual. Di kampung sekitar rumah, orang jarang bepergian. Tetangga yg biasanya terlihat kluar skedar siram kembang, juga tak nampak. Anak2 yg biasanya rame di depan rumah bareng temen2nya maen sepak bola juga ga kliatan...sepiiii banget. Seperti kampung yg ga berpenghuni. Smoga beberapa hari ke depan smua kembali normal.
Kalo sudah libur begini, ditambah ga bisa leluasa keluar rumah, harus ada yg dikerjain anak2. Sperti kemaren, hari ke2 libur, anak2 bingung minta jalan2. Waduh, agak takut juga hehe secara akihiko lagi ga fit. Akhirnya di rayu suruh bikin kue sendiri. Akihiko cuman ngaduk2 aja, abis itu bosen ganti liatin shinkansen hihi. Bilqis yg memang dari awal niyat bikin, terlihat khusuk banget ngerjain sampe selesei. Oiyah...resepnya di terjemahkan bebas dari buku Pan, te o tsukuri.

RAISIN BAGEL

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi ..............225 gr
rye flour (gandum hitam) .................... 25 gr
shortening .............................................. 5 gr
gula pasir ................................................ 13 gr (ak pake 17 gr)
garam ...................................................... 5 gr
ragi instan .............................................. 5 gr
air ..........................................................140 gr
kismis ..................................................... 70 gr

Cara membuat :
1. Campur smua bahan di mangkuk sedang, kecuali kismis.
2. Kluarkan dari mangkuk, uleni sampai kalis (kalo di tarik adonan ga gampang putus)
3. Masukkan ke mangkuk lagi, tutup dg palstik wrap. Biarkan di suhu hangat (antara 28 - 30 C)selama 30 menit sampe mengembang.
4. Tinju adonan untuk mengeluarkan udara. pipihkan adonan di meja kerja.
5. taburkan kismis, gulung, uleni lagi sampe kismis tercampur rata.
6. timbang adonan 80 gram (aku 65 gram). bentuk adonan sperti donut.
7. Panaskan minyak goreng. Goreng satu persatu selama 1 menit.
8. Kemudian open bagel dg suhu 220 derajat selama 5 menit (ak pake 160 drajat 10 menit).
Hasil akhirnya mirp banget sama donut hihihi..tp rasanya tetep bagel. Gapapa..yg penting yg bikin seneng. 22nya maem lahap hasil bikinannya sendiri hehe. Oiyah satu resep ini jadinya 8 biji gede2. Terakhirnya Bilqis minta ditaburin gula, karna emang rasanya yg rada2 tawar. Syukurlah..anak2 seneng. Hmm besok apa lagi yah ^__^

Thursday, April 09, 2009

Akihiko no tanjobi..Omedetou ! (2..habis)

Setelah acara bikin kue buat skolah, besoknya baru rencana bikin party di rumah. Rada ribet secara emaknya lagi2 udah ada janjian sama Sensei, jadinya baru mulei masak siang harinya. weww. Sebenernya ga di rencanain banget sih. Tapi karna taun lalu sama sekali ga ada b'day cake, ga ada "bancaan" bubur ketan merah, ga ada nasi kuning komplit, jadinya ini ultah yg pertama buat Akihiko ku...kacian banget yah hihihi. Ga papa lah... Alhamdulillaah taun ini sudah ga begitu sibuk sama "keistimewaan" Akihiko. Jadinya bisa sedikit bernapas hehe. Hmmm...selesei masak masih bingung..ini mo diapain yah..cetakan tumpeng blm diambil, lauk pauk juga cuman begitu2 aja...standart banget dan simpel.Rencananya sih bikin kue ultah, tapi karna Akihiko ntar ngiler jadinya harus cari penganti yang lain. Pinginnya pingin bikin puding ultah 3 layers. Tapi akhirnya mendadak diputusin bikin juga b'day cakenya. Untungnya ada cake bahan cemilan besok sabtunya. Jadinya bisa tinggal ngocok BC dan lari beli strawberrynya ajah.Setelah cake beres.. langsung blender strawberry buat bikin pudingnya. Bikin puding semangka. Warna merah dari strawberry, sementara hijaunya manfaatin matcha yg terbengkalai beberapa minggu. Cake beres..puding tinggal nunggu beku..hmm masih bingung sama nasi kuning dan lauk pauknya..Padahal bentar lagi..15 menit kemudian, anak2 pulang dari hoikusyo..jam udah nunjukin jam 4 lebih 45. hmm kepikiran buat ngebentuk nasi kuningnya jadi densha (kreta) secara anakku ini seneng banget sama kreta. tapi anak2 pulang kudu makan dulu..kalo ga..bakalan minta maem yg udah dihias2 hihihi...dasar pelit mamanya ... Cepet2 ngungsiin hasil dapur dulu..nyiapin makan anak2.. Syukurlah Misua ngebantuin nemenin maem anak2 trus mandiin. Sementara aku masih nglutek sama nasi kuning.....yeeeyyy akhirnya densha nasi kuningku jadi..hihihi sekalian bikin onigiri nasi kuning dan nasi putih yg di bentuk bunga. fiuuhh setelah anak2 maem..mandiin... sore menjelang jam 6 sore smua udah siap di meja. "Tamu2ku" itu mulai siap berdatangan hehe. Waktu telpon ke Indo, Ibuku jg nanyain.. kata beliau "waah jadi juga bikin pestanya..tamunya yg diundang banyak? senseinya jg diundang kan? " hihihi aku ketawa ajah. Yg diundang resmi emang 4 orang..aku, Papanya, Om nya, kakanya huehehe. Tuuh banyak kaaan..
Menjelang dimulai partinya, setelah mandi Akihiko malah ngantuk berat. Kasian...dipaksa bangun..dirayu ngliat ada densha di atas meja hehehe..Padahal udah muerem rapet hehe. Tapi akhirnya tertarik melek lagi, meski "riyip2". Lama2 ngantuknya ilang tapi masih lesu gitu hihihi...liat aja di poto udah kaya orang teler gitu..halah ini sbenernya yg niat hepi besdey an kakanya ama ortunya hahaha. Bilqis nyemangati Akihiko biar ga bobok lagi. Saking asiknya moto2 sebelum di maem..lupa kalo lilinnya di cake nyala terus...dan ternyata ada coklat yg leleh kena apinya, yg lebih parah lilinnya di angka 2 potos huahaha. Kacau nih!
Oiyah..itu b'day cakenya kepingin kaya yg di toko kue..pake banjir strawberry hihihi. dasar ga kreatip! trus di ayak gula halus di atasnya. wes yg lain Es Te De..standart! abis kudu cpt slesei malah mati ide hehhe.. Akhirnya slesei juga tugas dapurku..Terharu lihat anakku maem lahap begitu..terharu liat di ga tertarik blas sama b'day cakenya...Menu dg dekorasi simpel dan available buat dimaem smuanya ini kita persembahkan buat kado ultah Akihiko.
Alhamdulillaah wa syukurillaah Anak2ku seneng..apalagi yg ultah..Kluarga seneng...Smua kenyang...dan kita tertidur pulessssss...

Monday, April 06, 2009

Slamat Datang Musim Semi 2009!!

Haru desuyo ...haru desuyo pom pom pom !
(cuplikan nyanyian Akihiko akhir2 ini hehe)
Sudah mulai berkurang dingin yg menusuk tulang....
bunga2 sudah bermekaran..Taken by Rosy in February 4th, 2009

Taken by Rosy in February 18, 2009

Taken by Rosy in April 3rd, 2009

Slamat Datang Musim Semi 2009 !!!!!

Wednesday, April 01, 2009

KBB # 10 : Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks

Tantangan Kbb kali ini sudah dikerjakan pe ernya jauh2 hari , tapi ternyata penyakit lupanya kambuh hihihi. Karna di dera berbagai kesibukan dan kambuhnya Akihiko, akhirnya terbengkalai sudah pe erku ini dengan sukses. hiks..maapkan . Okelah ini laporan singkatnya..

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Malam minggu yg cerah *__*, sepertinya pas buat coba2 resep. Mumpung ga diapelin hehe dan anak2 lg pengen enjoy di rumah. Akhirnya ku putuskan buat pe er Kbb. Seperti biasa slalu dag dig dug ketika nrima surat cintrongnya hehe. Maklumlah buat yg ga bisa baking kayak aku perlu energi ekstra buat menaklukan tantangan demi tantangannya hehehe.

Sekilas baca resep , sepertinya ga ada yg susah hehe...akhirnya coba buat Minted Shortbread Sticks satu resep. Pemakaian gulanya hanya 80 gram, tapi masih sedikit kemanisan menurutku.Dalam prosesnya sih Alhamdulillah ga ada kesulitan. Yg sulit malah mengatur anak2 supaya ga ngrecokin emaknya hehehe. Lha disuruh nyetak seperti yg diresep malah asik sendiri ngambil cetakan bentuk hati di lemari hihihi. Mereka menikmati banget giling2 dan cetak mencetak sesuka hati. Sampe2 bolak balik Akihiko nyicipin adonan...huaa bahaya..karna setelah itu ternyata bener dugaanku..ruam2 merahnya muncul lagi ...aduuuh..

Syukurlah ga lama, karna abis itu terhibur lagi sama cetak2 adonan.

Sampe acara panggang pun ga ada masalah. Nah berikutnya buat Caramel Potnya. Aku cuma bikin 1/2 resep ajah. Ternyata karamelku ga sukses..

Step pertama, karna bikinnya cuman setengah resep, dg menambahkan 1 sdm air. Ternyata gulaku mengkristal dengan sukses. Kedua, aku tambahkan air 40 mili literan ternyata kristalisasi gulaku terjadi lagi untuk kedua kalinya. Amat sangat keras banget sampe2 ga bisa di ancurkan lagi kristalnya. hehe. Karna sayang dibuang, akhirnya kuputuskan buat mencairkan hasil kristalisasi tsb dg menambahkan air (ga ngukur, asal tuang, mungin 50-70 ml) dan berhasil mencair lagi. Pengadukan yg lama ini tetep ga membuahkan hasil. Karamelku berhasil nyoklat, tapi lagi2 yg sebagian keburu mengkristal dengan cepat. Padahal pengadukan stabil dan merata serta api yg tak pake keciiiiiil buanget. yaweslah...Kusudahi sampe disini sama bercengkrama dengan mas "kris"dan mbak "mel" hihihi. Wah bener2 gagal, pikirku. Tapi terus ajah tak lanjut sama step2 berikutnya, plek sama resep.Sampe pada pemanggangan di water bath. Syukurlah, meski karamelnya ga merata tapi rasanya tetep mak nyess. Kapan2 mesti nyoba lagi menaklukan mbak "mel" ini. Antara gagal dan sukses. Yang penting hasilnya teteup wenaqq...

Oiyah...ini resep tantangan kbb kali ini... Slamat menikmati hasilnya yaaaa...

Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks

Source: Chef Fred Wiesehutter, Heritage Christchurch, posted at Foodtown Magazine.

Tantangan kali ini: Desserts, mencoba menggabungkan rasa caramel dan shortbread renyah beraroma mint yang samar-samar dipadukan dengan wangi biji2 vanili yang tersebar di partikel-partikel terkecil dalam biskuit ini.

Minted Shortbread Sticks

100g icing sugar

200g flour

100g cornflour

250g unsalted butter, softened

1 vanilla pod, seeds removed and reserved

1 sprig mint, chopped

Preheat the oven to 150C. Line a baking tray with baking paper.

Combine the icing sugar, flours, butter, vanilla seeds and mint in a bowl and mix well. Roll out to about 1cm thick. Cut into 2 x 8cm fingers. Place on the prepared tray and bake for 20-25 minutes, until lightly golden. Cool and store in an airtight container until required. Makes about 30.

Caramel Pots

125g caster sugar

2 Tbs water

125ml milk

250ml cream

3 egg yolks

Whisk the sugar into the water in a saucepan. Heat carefully and cook to a golden caramel. Combine milk and cream in a separate saucepan and warm-do not boil. Whisk the milk into the caramel. Cool slightly.

Beat the egg yolks, until creamy. Gradually pour the hot caramel onto the egg yolks, mixing well.

Pour into four ramekins. Bake in a water bath at 160C for 30 minutes or until set. Remove the ramekin, cool then chill. Serves 4.

Thursday, March 26, 2009

Akihiko no tanjobi..Omedetou! (1)

Rasanya baru kemaren dia lahir... nyatanya..
sudah 2 taon dia mengisi hari2ku...
sudah 2 taon dia berbagi kisah..
sudah 2 taon dia berbagi tawa
sudah 2 taon dia berbagi duka
sudah 2 taon dia membawaku sujud mensyukuri nikmatNya
sudah 2 taon dia mengajakku buat lebih belajar dan belajar
Anakku....
trima kasih buat tangisanmu yg membuatku lebih banyak mengerti
trima kasih buat senyummu yg kini smakin bisa kunikmati
Senyum yg kau tebarkan pengobat lara
Senyum yg kau tawarkan penguat raga
Sayangku...
Yakinlah...akan tiba saatnya..kau bisa tersenyum selamanya...
Tetaplah tersenyum dan bersyukur, dengan "keistimewaan" yg diberikan dariNYA
Samudera doa kami tak pernah putus buatmu
HAPPY B'DAY AKIHIKO kun.....
Kemaren Akihiko ultah, tapi agak telat bikin kuenya secara emaknya "ngaku sibuk" hihihi. Untungnya dia ga ngeh sama kue2 ultah secara dia ga pernah makan cake hehehe. Dia tahunya kakaknya nyanyi2 hepi besdei dan dia ikutan sambil nyanyi2 juga. Alhamdulillaah, anakku udah tumbuh gede, berat badan naek, udah bisa maem tepung yang bikin emaknya rajin bikin kue lagih hihihi. Cepet gede ya nak, biar ada yg bantuin ngabisin kue2ku hahaha..ga nyambung aah.
Ini kemaren ngiasnya buru2, secara mo dibawa ke hoikusyo. Baru jadi jam 3 sorean, baru beli strawberry ngedadak jam 1/2 4 huhuhu. Syukurlah kurang dari satu jam selesei juga ngiasnya. Yang paling lama nempelin wafer coklatnya hihihi. Tau ga apa kata senseinya. "Duh, Mami kok repot2 bawa kue sih, cantik banget kuenya. Bikin ndiri yah" " Apa bedanya sama cake jepang?" dst2...padahal mah...itu simpel banget ngettt, jadi maluw ditanyain begitu. Apalagi b'day cake jepun sama Indonesia bedanya ada di maen warna. Kalo cake Jepun yg asli (maksudnya sekarang juga udah mulei banyak yg bikin dg warna2 ngejreng, tapi di toko masih warna2 natural hehe) warnanya simpel, kalo ga putih yah coklat. Kalopun berwarna biasanya pewarnanya sangat aman, karna dari buah2an..misal merah/pink dari strawberry ato paprika, ijo dari green tea ato matcha dan lain2. Tapi apapun cakenya, sejelek apapun penampilannya...aku pasti tetep cintah sama buatanku hehehe...piss aah.
HAPPY B'DAY AKIHIKO sayang!!