Wednesday, May 20, 2009

RAISIN BAGEL

Sejak hari minggu (17) hoikusyo tempat anak2 udah nelpon kalo seminggu ke depan ini bakal libur karena antisipasi swine flu. Di Osaka sekolah diliburkan mulai day care, SD sampe universitas libur. Padahal waktu itu yg kena masih dikabarkan dari kota sebelah (Kobe), diduga yg terkena 4 orang. Dan hari selasa kemaren di Osaka sudah mencapai 10 orangan. Eh sampe hari rebu malem sudah sampe 117 orang. Agak ngeri juga jadinya.. Mudah2an smua diberi kesehatan ..Amiinnn..
Sementara sejak dikabarkan ada yg diduga terkena swine flu, mulai senin kepanikan masyarakat jepang ini terlihat dg jalan2 yg sepi , meski supa, toko2 kecil, mall, tetap buka tapi terlihat pembeli berkurang. Public service, bank dan kantor2 jg tetep berjalan spt biasa . Di mana2 orang hampir 80 % pake masker. Masker mulai minggu siang di toyonaka dan skitarnya habis, di supa, toko obat, bahkan di hyakuen shop (toko 100 yen) yang biasanya banyak nagkring di rak...smua ludes terjual. Di kampung sekitar rumah, orang jarang bepergian. Tetangga yg biasanya terlihat kluar skedar siram kembang, juga tak nampak. Anak2 yg biasanya rame di depan rumah bareng temen2nya maen sepak bola juga ga kliatan...sepiiii banget. Seperti kampung yg ga berpenghuni. Smoga beberapa hari ke depan smua kembali normal.
Kalo sudah libur begini, ditambah ga bisa leluasa keluar rumah, harus ada yg dikerjain anak2. Sperti kemaren, hari ke2 libur, anak2 bingung minta jalan2. Waduh, agak takut juga hehe secara akihiko lagi ga fit. Akhirnya di rayu suruh bikin kue sendiri. Akihiko cuman ngaduk2 aja, abis itu bosen ganti liatin shinkansen hihi. Bilqis yg memang dari awal niyat bikin, terlihat khusuk banget ngerjain sampe selesei. Oiyah...resepnya di terjemahkan bebas dari buku Pan, te o tsukuri.

RAISIN BAGEL

Bahan :
Tepung terigu protein tinggi ..............225 gr
rye flour (gandum hitam) .................... 25 gr
shortening .............................................. 5 gr
gula pasir ................................................ 13 gr (ak pake 17 gr)
garam ...................................................... 5 gr
ragi instan .............................................. 5 gr
air ..........................................................140 gr
kismis ..................................................... 70 gr

Cara membuat :
1. Campur smua bahan di mangkuk sedang, kecuali kismis.
2. Kluarkan dari mangkuk, uleni sampai kalis (kalo di tarik adonan ga gampang putus)
3. Masukkan ke mangkuk lagi, tutup dg palstik wrap. Biarkan di suhu hangat (antara 28 - 30 C)selama 30 menit sampe mengembang.
4. Tinju adonan untuk mengeluarkan udara. pipihkan adonan di meja kerja.
5. taburkan kismis, gulung, uleni lagi sampe kismis tercampur rata.
6. timbang adonan 80 gram (aku 65 gram). bentuk adonan sperti donut.
7. Panaskan minyak goreng. Goreng satu persatu selama 1 menit.
8. Kemudian open bagel dg suhu 220 derajat selama 5 menit (ak pake 160 drajat 10 menit).
Hasil akhirnya mirp banget sama donut hihihi..tp rasanya tetep bagel. Gapapa..yg penting yg bikin seneng. 22nya maem lahap hasil bikinannya sendiri hehe. Oiyah satu resep ini jadinya 8 biji gede2. Terakhirnya Bilqis minta ditaburin gula, karna emang rasanya yg rada2 tawar. Syukurlah..anak2 seneng. Hmm besok apa lagi yah ^__^

No comments: