Thursday, June 25, 2009

Mama...Arigatou

"Bu, besok kelas himawari(bunga matahari) ada jalan2 ke taman. jangan lupa bilqis bawa bentou (bekal makanan) yah. bawa alas duduk, minum, lap basah sama bekal. Jam 8.30 sudah harus sampe yaa", begitu kata Yuri sensei, guru kelasnya bilqis berpesan padaku ketika aku baru saja masuk ke ruangan buat menjemput anak2. "oke..makasih infonya sensei..besok saya siapkan", jawabku. Aku dan anak2pun segera pamitan pulang. Sesampai di pintu pagar, seperti biasa hiko kun berlari2 mengahampiri sepeda bututku yg kuparkir di depan sekolah. Biasaa lah, hiko kun selalu berebut naek di kursi belakang. Dia merasa sudah besar sampe merasa ga cocok lagi duduk di kursi depan yg mungil itu. Hmm...anakku yg ganteng (hehe) ini emang sudah gede..wajar kalo dia slalu berusaha mengambil keputusan atas apa yg dia ingin lakukan. Akhirnya sore itu pun ka bilqis lagi2 harus mengalah, jalan kaki. Kutuntun sepeda pelan2 bersamaan dg langkah kecil si bilqis. Di sepanjang jalan, sambil mendengarkan bilqis bercerita tentang aktifitasnya di sekolah, pikiranku masih melayang membayangkan bentou apa lagi yg akan ku buat untuk besok...ah dasar!!
Ya..membuat bentou bagiku bukan pekerjaan mudah...banyak hal yg musti kusiapkan. Mulai dari menu apa kira2 yg akan ku buat. Bahan apa yg kubutuhkan, tersedia apa ga di lemari esku yg mungil ini. Bentuk bekal dan hiasan apa yg akan ku kerjakan nanti. "halah, masak gt ajah kok refot, kan tinggal masak, masukkan ke kotak bekal..beres kan?", kata seorang temanku ketika mendengarkan keluhanku susahnya membuat bentou. hmm bener..ndak ada yg salah dg komentarnya. Tapi bentou anak2 biasanya bentuknya lucu2..imut2..dengan dekorasi macem2. Cantik dan tidaknya bentou menggambarkan bagaimana tipe si ibunya. Kalo bentuk bentounya simpel ato apa adanya, biasanya kalo ga ibunya emang sibuk, ya brarti sang ibu males hihihi. Kalo bentounya kawai (cantik), menunjukkan si ibunya rajin..katanya begitu. Maka ketika hari bentou itu tiba, biasanya si ibu bakal membekali anaknya dg bentou yg cantik, kawai..pasti sang anak pun akan bangga dg bentounya.
Sbenernya, bagiku kawai ato nggak kawai sama saja. Lha kalo emang pas ndak punya ide, wal hasil bentuk bentounya juga ala kadarnya..biasa saja...ato kalo kita bener2 sibuk shg ga punya waktu buat menyulap bentou jd bentou yg kawai...so what gt loh. hehe
Tapi ya namanya pingin membahagiakan anak..demi melihat matanya berbinar2 menatap kawaii o bentou yg dia bawa, maka berusaha bangun sepagi mungkin..harus belajar membuat se kawaii mungkin.....meski hasilnya kawakunai (ga cantik). Pastinya dia juga tambah bersemangat buat maem...ato malah males makan karna terlalu cantik, jdnya sayang buat dirusak bentuknya hehehe .Yg penting aku tetep harus belajar. yosh! ganbarimasu!

Ketika sampai di rumah, anak2 pun ku larang bermain bola dan bersepeda di depan rumah, seperti kebiasaannya ketika pulang sekolah. Harus mandi, maem, ngaji, nyanyi2, baca cerita trus bobok lebih awal. Fiuh...akhirnya jam 9 malam itu, aku berhasil membuat anak2 kelelahan dan tertidur pulas hihihi. Sementara aku? ... ya...aku masih sibuk memikirkan tentang spt apa kawaii obentou buat besok paginya..dasar!!!
Malam semakin larut, mata sudah berat..tinggal 5 watt, sudah jam 1 dini hari, tapi ide untuk membuat bentou besok pagi pun masih belum terlintas..hmm bakal ga ada kawaii obentou lagi pikirku. Akhirnya kusudahi menjelajah gambar demi gambar obentou yg ku liat. Smuanya ga pas dg bahan2 yg ada di kulkasku. Ah sudahlah..tidur saja, batinku. Aku pun beranjak tidur.
Beberapa jam kemudian, hari sudah pagi, kumandang adzan subuh dari kompi yg lupa kumatikan itupun suaranya memenuhi ruangan tidur. Segera beranjak bangun, dan menunaikan kebutuhanku. Setelah smua selesei..lagi2 pikiranku masih dipenuhi dg kata2 kawai obentou. hmm..memang bilqis ga pernah rikues macem2 tentang bentou apa yg dia akan bawa. Tp selalu saja justru itu yg membuatku deg deg an..takut kalo dia ga suka, dan akhirnya ga kemakan. maklumlah, terkadang dia suka pilih2 makanan meski ga secara jelas dia ungkapkan hehe..ku tahu..Bilqis sgt menghormati hasil masakanku yg sering "hancur" ga jelas hihihi. Ketika dia ga suka, ga pernah dia bilang "ga suka" ato "ga enak"..tp yg ada, selalu dia bilang "ma..sekarang ga makan ya, sdh kenyang" hihihi...bilqis..bilqis. Yoshhh!! ku singsingkan lengan baju (huehehe) dan mulailah bergerilya di dapur mungilku. Biarin ah..yg penting dimasak dulu, bentuknya apa belakangan. Akhirnya, jam 6 selesai juga..segera kubentuk dn kuhias apa adanya, buat mencari ide sudah ga nutut lagi. Hanya berharap..smoga bilqis chan maemnya lahap dan suka.
Sudah jam 7.30...waduuh padahal musti berangkat jam 8.15. alas duduk belum siap, anak2 belum maem, lap hiko kun belom disiapin, haduuuhhh kebanyakan mikir bentou malah kacau semua.
Giliran buru2 begini, minta tulunk si Mas, ngantar bilqis dulu..biar ga telat...padahal mah akhirnya telat juga 5 menit..maap nak... :_:
Bee Bentou For Bilqis

hmmm...akhirnya jam 9 hiko kun pun sdh di sekolah.
Kalo sudah begini...tinggal menarik napas..syukurlah bawa bentou cantik ga tiap hari...coba kalo tiap hari..hmmmmmm. Segera ku bereskan rumah sekilat mungkin, nyiapin bentou misua, bentou sendiri dan kabuuurrr sekencang2nya dg sepeda bututku ke asahi gaoka....udah mau jam 10 tet..tulunkkk !!
Bentou Pa

Bentouku
Sore itu..jam 16..
Bergegas ku kayuh sepeda bututku buat menjemput anak2 yg hanya butuh 15 menit buat nyampek di sekolah. Ketika tiba di depan pintu ruangan, tiba2 Bilqis tergopoh gopoh menghampiriku.."hmm kenapa ya.." pikirku. Dia pun lalu tersenyum sambil memandangku..keluar kata2 dari mulut mungilnya "mama..makasih ya, udah bikin bentou cantik buat Bilqis, kawakute osihikatta (cantik enak)" Mak nyesssss...dadaku selperti disiram air es (halahhh!!)...sama2 nak...syukurlah kalo ka bilqis suka..makasih ya say..
Hari itu seperti hujan kembang(halahhh!!), hatiku selalu berbunga2 ketika kata2 itu muncul dari mulutnya yg mungil ..di sepanjang jalan pulang...Bilqis pun dg semangatnya bercerita tentang jalan2nya dan bentounya yg kawakatta...

Alhamdulillaah...makasih say
oshimaii

5 comments:

Anisa said...

Top deh mbak Rossy...rajin banget.... ?
jadi tersindir nih... kadang2 saya bikinkan bento anak2 seadanya, sesempatnya waktu dan semampu saya... tidak bisa bikinkan cantik itu...:) hihihii....maluw....

ROSY said...

Knapa mesti malu mbak...aku jg masih blajar kok. tenang sajaah ^_~

Shinta said...

Terharu baca ceritamu mbak... Mikirin kawai obentou semaleman terbayar sama apresiasi Bilqis ya mbak :) Hujan bungaaa.... :D

Lia Chen said...

Bentonya cantik2 banget Mbak :o) salam kenal yah!

C_MOM said...

Salam kenal :)
Bentonya lucuuuu.....!