Wednesday, January 09, 2008

SANMA GORENG WIJEN

Jujur..saya dulu termasuk yg ga begitu suka ikan. Saya cuman kenal ikan bandeng, tongkol, pindang, ikan asin, dan teri ..selebihnya, iiih ga doyan deh. Tapi begitu di sini, jadi suka banget ama smua jenis ikan, termasuk ikan mentah. Sampe2 temen saya bilang "iiih ibu ini kok semua muanya doyan sih" hihihi kesannya pemakan segala jenis ( hayo ngaku sapa yg bilang gt hehehe).
Satu dari sekian banyak jenis ikan yg saya seneng adalah ikan sanma.

Ikan Sanma

Bukannya apa2 sih. Selain rasa dagingnya yg enak, ples kalo musim dingin gini pasti harga ikan sanma bisa jauh lebih murah hehehe. Kemaren aja sampe 40 yen per ekornya. Padahal biasanya di swalayan tempat saya beli skitar 98 yennan per ekornya. hehehe..dasar ibu2, ga bisa liat barang murah dikit, pasti langsung maen borong2. Lumayan, buat menuh2hin kulkas..halah!!

SANMA GORENG WIJEN
Bahan:
2 ekor Ikan sanma, bersihkan, potong2
minyak goreng
Bumbu perendam :
2 sdm souyu
1/2 sdm gula pasir
Bahan pelapis :
tepung kanji/ katakuriko
wijen

Cara memasak "
1. Rendam potongan ikan sanma ke bumbu perendam 15 menitan.
2. Campur bahan pelapis.
3. Masukkan potongan ikan ke dalam bahan pelapis. balur sesmua sisi sampe seluruhnya tertutup bahan pelapis.
4. Goreng sampe kekuningan.
5. Sajikan dg parutan lobak.

2 comments:

Indonesia Eats said...

saya penggemar ikan dan seafoodsejak kecil tapi dulu makan ikan mentah mahh ogah. Eh pas nyoba sashimi sekali ketagihan. Jadi pengen cari ikan sanma di toko korea mudah2an mereka punya. makasih udah mampir ke blogku. Silahkan kalo mau dilink.

Inev said...

Jeng... ihiks ihikss... tiap mampir blogmu pasti ada kangennya sama makanan di sana. ikan sanma jg aku doyan bangeeeet...! fave ku dipanggang. aromanya itu lho! khas banget ya. duch... aneh ya di sana, ikannya punya aroma sendiri2. trus puas2in makan ikan salmon deh say di situ. di sini mah... ihiks jangan harap. mihhiiiiillll!!! apa ya bhs jepunnya, ikan sake?