Sunday, December 10, 2006

Hari ini adalah hari paling rajin sedunia. hehehe sapa lagi yang ngadain hari paling rajin sedunia kalo bukan diriku sendiri. Molai bersih2, beres2, setrika, dan yang paling asoy...masak dobel2 sampe bikin kue segala dalam beberapa jam saja beres hihihi. Ini 'bebi' lagi baek banget, meski tendang sana tendang sini tapi ga protes diajak kerja rodi hihihi. Mmmuuuah makin ga sabar aja pingin segera ngegendong...eitsss kok jadi curhat gini yah. Hokeh..hokeh balik lagi ke topik permasakan. Hari ini sengaja masak porsi dobel, karna besok minggu, dan pengennya seh besok hari Dapur Merdeka. So that's why smua dikebut sekarang. Menu hari ini botok Bongko , sambal bajak laut (lupa kepoto neh...), tumis sawi kuah santan enyakkk ama bakwan jagung wortel. ...................................................................................................................................
Tumis Sawi Kuah Santan Enyakkkk
Kalo ini menu favorit ku. Selain karna pas dapet sawi harga murah meriah ples senyuman gratis dari sang penjual, juga karna masaknya cepet bin gampang alias males hehehe.......................................................................................................................
BAKWAN JAGUNG WORTEL

Bahan :
250 gr Jagung manis pipilan
1 buah wortel uk sedang, di serut agak alus
3 batang daun bawang, rajang alus
1/4 buah bawang bombay, rajang alus
1 buah telur, kocok lepas
50 gram tepung terigu
1/2 sdt merica bubuk
garam, gula secukupnya
50 cc air kaldu


Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata pake sendok. Kalo kurang cair bisa ditambahkan air biasa. Goreng dalam minyak dengan api sedang. Sajikan hangat. Bisa di gado dimaem pake cabe seger ato buat lauk juga hokeh.



BOTOK BONGKO Ala Ibu

Bahan :
beras kacang merah, rendam semalem, haluskan
daun salam
cabe rawit
klapa parut
Daun pisang/alumunium foil

Bumbu dihaluskan :
bawang
brambang bombay
kencur
garam
gula

Cara membuat :
  1. Campur smua beras kacang yang sudah dialusin sama bumbu halusnya.
  2. Tambahkan klapa parut, aduk rata.
  3. Siapkan pembungkusnya, taruh daun salam buat alas sebelum adonan botok. Masukkan 3 sdm botok susupkan cabe rawit di dalamnya, bungkus. Begitu sterusnya sampe adonan abis. (Kalo aku ga pake dibungkus, langsung di taruh di cetakan cup cake trus dikukus :P).
  4. Kukus 30 menit.
  5. Sajikan .

SAMBAL BAJAK LAUT :D

Bahan : Tomat cabe rawit, bawang, brambang, trasi dikit, gula, garam, santan dikit.

Cara membuat : Tumis semua bahan kecuali santan sampe tanak. Ambil dari wajan penggorengan, aluskan dulu. Tumis lagi sambil dikasih santan sampai tanak. Angkat, taruh di tempat sambal.

No comments: