Tuesday, April 11, 2006

Tamagoyaki versi Aku
Kemarin lagi khusuk liat tipi. Di Jepang ini, acara di tipi kebanyakan soal makan2, masak2 gitu ato kuis2 yang pesertanya para artis, ato juga jalan2 kemana gitu... Jadi kadang bosen juga sih. Mana bahasanya pake bahasa tarzan lagi ..he he he. Oh iya, kemarin tuh ada kebetulan pas liat pas acaranya bikin tamagoyaki (telur goreng). Kalo di indo mungkin lebih dikenal telur dadar dan bentuknya bulet biasa. Tapi kalo disini telur dadar kadang ditambah sake, terus pake wajan yang bentuknya persegi, dan dibuat berlapis lapis berbentuk gulungan gitu deh. he he he smoga ga bingung ngebayanginnya yah. Kemarin dulu sih udah sempet liat pas acara TIFA di Toyonaka International Center. Tapi ga ngerti bumbunya apa aja, ya udah pake bumbu dadar biasanya dengan sedikit tambahan2 ngarang ;). Kebetulan Bilqis juga seneng banget ama dadar dan yang berbau telur gitu. Kali aja mau dan sekalian bisa buat bekel kalo pas lagi pergi. Yak kita praktek2 yah..

Bahan :
5 butir telur
1 buah besar bawang putih, cincang halus
1 btg daun bawang, iris halus
3 buah Sosis ayam/ikan, goreng utuh, belah jadi 2 memanjang
1 buah wortel ukuran sedang, kukus,potong kotak2 memanjang, besarnya sesuai selera aja.
Minyak goreng secukupnya

Bumbu :
1/2 sdt mrica bubuk
1/2 sdt teh gula pasir
garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Kocok telur dengan semua bumbu dan bahan, kecuali sosis dan wortel.
  2. Siapkan wajan persegi, panaskan dengan api sedang, olesi dengan minyak goreng.
  3. tuang satu sendok sayur adonan ke wajan. ratakan ke seluruh bagian wajan.
  4. jika sudah matang dan kekuningan (jangan coklat ya, biar warnanya cantik). Gulung dari salah satu ujung wajan bisa dengan sumpit ato ato garpu. sisihkan di salah satu ujungnya
  5. Olesi wajan dengan minyak. Tuang satu sendok sayur, ratakan ke seluruh wajan dan juga Di bawah gulungan yang pertama tadi. jika sudah matang dan kekuningan. Gulung lagi dengan arah dari ujung yang ada hasil dadar pertama tadi ke ujung berikutnya. begitu seterusnya sampe 3 lapisan ato boleh juga lebih.
  6. Pada lapisan ke 3 ato 4 sebelum digulung letakkan wortel dan irisan sosis di atas dadar, dan gulung pelan2 dengan tetep di atas wajan. Lapisi lagi dengan 2-3 hasil dadar dan digulung.
  7. setelah matang, angkat telur dadar gulung dan iris sesuai selera. bisa lurus ato menyerong.
  8. Jumlah lapisan terserah, tapi semakin banyak lapisan semakin bagus.

No comments: