Saturday, May 30, 2009

Onbitjkoek

Tantangan kali ini mengusung tema kue Indonesia. Kirain bakal ga ada telurnya, ternyata masih memasukkan telur sebagai unsur bahannya. Ya sudah, smoga para pencicip di rumah suka dengan hasilnya. Karna ga ada cengkih bubuk di sini, terpaksa blender cengkih sendiri dari cengkih kiriman Umi. Syukurlah, hasilnya lumayan prefect. Step by step pembuatannya juga gampang diikuti, samsek ga ada kendala. Cuman waktu pemanggangan ajah yg rada kebablasan. Aku set suhu 180 derajat selama 15 menit, setelah itu aku tinggal keluar..walah pulang ke rumah ternyata onbijkoek ku kurang matengdalemnya dikiit ..yappari... ..akhirnya aku tambah lagi, 160 derajat 4 menit saja..hasilnya dalemnya mateng, atasnya agak gosong hihihi...Tapi yg penting aroma wanginya memenuhi ruang dapurku yg sempit ini.Ketika sore dan ka Bilqis, anakku yg pertama nyicip..."hmm enyak" katanya. Alhamdulillah dia suka, Suami juga suka. Sedikit kemanisan menurutku, padahal gulanya sudah aku kurangi 15 gram. Malem sebelum bobok, anakku pesen, begini katanya "Ma, besok bikin lagi kue yg tadi yah" Alhamdulillaah ..lega..smua suka dengan rasa dan wangi kuenya..

Onbitjkoek

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

125g gula palem/gula merah

5 kuning telur

3 putih telur

campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk

50g kenari, iris tipis

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

3 comments:

Unknown said...

Rosy, kenapa tugasmu ga ada di round-up KBB ya? makasih sudah diselesaikan tugasnya, kelihatannya cantik :) Tungguin KBB #12 yaaa!! sip!

Rosy said...

ndak papa mbak..targetnya bukan masuk round up apa ga heeheheh...yg penting udah ngerjakan ^_~

-oKKy- said...

hi kak Rosy! nice blog here..saya kebetulan kerja di restoran Indonesia di SH, lagi cari inspirasi ttg appearance food..=D

anyway, onbijtkoek itu sebenernya dimakan pagi..karena arti harafiahnya 'kue breakfast' =D

saLam kenaL...

oKKy